Jumat, 21 September 2007

STRATEGI LATIHAN, NUTRISI DAN SUPLEMENTASI DI BULAN PUASA

Sebagai praktisi fitness atau binaragawan yang aktif berlatih dan berdiet untuk menjaga dan membentuk tubuh, tentu saat memasuki bulan puasa adalah saat yang agak mengkuatirkan karena pada saat ini anda akan cenderung kurang kalori dan tentunya mempengaruhi kualitas latihan anda. Oleh sebab itu perhatikan tips-tips yang sangat berguna ini:

Latihan:

  1. Tidak ada pilihan lain kecuali berlatih setelah buka puasa karena saat inilah saat dimana tubuh anda telah mendapat asupan nutrisi yang cukup.
  2. Tujuan latihan adalah maintenance, jangan berharap banyak bisa menambah otot di bulan puasa (bagi yang berpuasa tentunya).
  3. Lakukan latihan 3 kali seminggu maksimum 45 menit dan lakukan circuit training untuk mengenai seluruh otot tubuh dalam satu sesi latihan. Contoh: Bench Press – Pull Down – Leg Press – Shoulder Press – Leg Curl – Bicep Curl – Tricep Pressdown.
  4. Pada sesi latihan berikut anda bisa mengganti gerakan lain untuk otot yang bersangkutan. Contoh: Incline Press – Barbell Row – Squat Lateral Raise – Deadlift – Preacher Curl – Overhead Triceps Extention.
  5. Lakukan latihan 3 set/3 kali circuit dengan set terakhir mencapai failure untuk semua gerakan. Istirahat seminim mungkin antar gerakan dan 3 menit antar set/circuit.

Nutrisi dan Suplementasi:

  1. Protein tinggi dan karbohidrat kompleks tinggi adalah kuncinya.
  2. Saat sahur gizi yang lengkap harus anda konsumsi. Pilih kabohidrat dengan GI (Glikemik Indeks) sedang seperti kentang, ubi dan oatmeal. Isi separuh piring dengan karbohidrat dan separuhnya dengan protein bermutu seperti daging ayam, sapi, ikan tanpa lemak dan tambah sedikit sayuran hijau seperti salad dan brokoli.
  3. Ini saat yang tepat untuk mengkonsumsi suplemen anti katabolic seperti BCAA dan Glutamin Powder.
  4. Saat kepepet tidak sempat menyiapkan makan suplemen pengganti makan sempurna, seperti MRP Lean Prolab adalah solusi praktis bergizi tinggi untuk sahur anda.
  5. Yang jangan dilupakan justru 1 butir multivitamin dan 1 butir vitamin B-Compleks.
  6. Saat buka puasa makanan anda persis seperti sahur anda, plus Glutamin dan BCAA. Lakukan latihan 1 jam setelah buka dan jangan lupa suplemen serta nutrisi Post Workout anda seperti biasa.
  7. Konsumsi MRP atau buah dan Whey Protein sebelum tidur.(MM)

* GI atau Glikemik Indeks adalah angka satuan besaran yang dimiliki semua jenis makanan karbohidrat dan menunjukkan berapa cepat makanan tersebut menaikkan kadar gula darah anda. GI = 100 adalah yang tertinggi dan ini dimiliki oleh Dextrosa, gula dapur dan awas: nasi putih !

Tidak ada komentar: